Home » Info Nasa » Cara Mudah Membuat Kandang Bebek Yang Tepat

Cara Mudah Membuat Kandang Bebek Yang Tepat

Dalam usaha ternak unggas khususnya bebek pastinya harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan ternak tersebut, salah satunya adalah kandangnya, kenapa kandang juga harus diperhatikan? sebab kandang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi usaha ternak karena terkait dengan kenyamanan bebek itu sendiri, bila kandang yang digunakan untuk beternak bebek sudah baik dan memenuhi standar pastinya bebek juga akan merasa nyaman menempatinya, lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat kandang? untuk menjawab pertanyaan tersebut maka pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang cara membuat kandang bebek.

kandang-bebek--lapaknasa1

kandang-bebek-lapaknasa
Sebelum membahas tentang cara membuat kandang bebek, perlu mengetahui beberapa hal sebelum membuat kandang tersebut, diantaranya :

  • Bila kalian ingin membuat kandang bebek yang baik maka tidak harus sama seperti pada gambar yang dicontohkan.
  • Dalam pembuatan kandangnya harus disesuaikan dengan luas tanah yang akan digunakan.

Bila kalian sudah mengetahui hal-hal seperti diatas maka yang selanjutnya adalah tips pembuatan kandang yang tepat, antara lain :

  1. Untuk menjaga kenyamanan bebek maka kandang yang nantinya akan dibuat harus memeliki lantai yang rata dan kering sebab bila lantainya becek maka akan menimbulkan aroma bau yang tidak enak, selain itu bisa mengganggu lingkungan sekitar, baca juga artikel tentang cara mengurangi bau kandang bebek.
  2. Dinding dalam kandang tersebut harus tertutup namun sirkulasi udara yang keluar masuk harus seimbang agar kandang tidak terasa pengap, tujuan dari tertutupnya tersebut agar tidak ada gangguan dari hewan lain yang akan mengganggu kenyamanan bebek.
  3. Dalam kandang tersebut kalian juga harus memperhatikan suhunya, pastikan suhu dalam kandang tersebut tidak panas dan juga tidak dingin, sekitar 27 sampai 30 °C.
  4. Usahakan kandang yang dibuat memiliki ruamg yang cukup karena kebiasaan bebek yang banyak melakukan aktivitas bergantian seperti makan dan minum sehingga ruang yang cukup akan membuat bebek nyaman.
  5. Penerangan yang cukup juga perlu ditambahkan untuk mengurangi resiko bebek terkena stres.
  6. Biasanya bebek merupakan hewan umbaran, maka setelah diumbar dan ingin dimasukkan kandang pastikan kandang tersebut sudah dibersihkan terlebih dahulu agar kotoran tidak menumpuk.
  7. Kandang yang akan dibuat setidaknya memiliki tinggi 2 sampai 3 meter agar peternak yang akan mengurusi bebek tersebut bisa berdiri pada saat masuk kedalam kandang sehingga lebih nyaman dalam melakukan aktivitas dalam kandang.

Vitamin Tambahan Untuk Bebek :

Anda bisa gunakan produk nasa untuk peternakan Anda, yaitu :

1. Viterna Plus

VITERNA Plus menggunakan teknologi asam amino yang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh ternak, yaitu dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak.

VITERNA Plus merupakan suplemen pakan ternak yang diolah dari berbagai macam bahan alami (hewan dan tumbuhan), memberikan zat-zat yang sangat diperlukan ternak untuk :

  • Meningkatkan kuantitas (peningkatan Average Daily Gain /ADG bagi sapi dan peningkatan bobot panen bagi ayam) – kualitas daging (mengurangi — kandungan kolesterol) – kesehatan ternak (mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit) semuanya merupakan Aspek K-3,
  • Memacu enzim – enzim pencernaan ternak,
  • Memberikan mineral – mineral esensial maupun non esensial,
  • Memberikan berbagai macam nutrisi alami untuk pertumbuhan ternak ( protein, lemak, vitamin, dsb),
  • Menambah kandungan asam – asam lemak didalam rumen / lambung ternak,
  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pakan (TDN),
  • Mengandung hormon pertumbuhan alami untuk mempercepat pertumbuhan ternak, meningkatkan nafsu makan, mengurangi kandungan kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran ayam.

2. POC Nasa & Hormonik

POC NASA adalah Formula khusus terutama untuk tanaman,peternakan dan perikanan yang dibuat murni dari bahan-bahan organik dengan fungsi multiguna :

  • Meningkatkan bobot unggas (ayam, bebek, dll), ternak besar (sapi, kambing,dll), ikan serta udang,
  • Meningkatkan nafsu makan unggas, ternak dan ikan atau udang,
  • Membantu pembentukan pakan alami ikan dan udang (plankton).

HORMONIK lebih berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh bagi ternak. Di mana formula ini akan sangat membantu meningkatkan pertumbuhan ternak secara keseluruhan.

HORMONIK mengandung Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Organik terutama Auksin, Giberelin dan Sitokinin, di formulasikan dari bahan alami yang dibutuhkan oleh semua jenis binatang. HORMONIK tidak membahayakan (aman) bagi kesehatan manusia maupun binatang.

Demikian informasi tentang cara membuat kandang bebek, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *