Home » Info Nasa » Cara Mengatasi Penyakit Tetelo Pada Ayam Kampung (JOPER)

Cara Mengatasi Penyakit Tetelo Pada Ayam Kampung (JOPER)

LapakNasa.com – Lagi giat-giatnya ayam kampung kita berkembang biak, ehh malah penyakit ayam ini datang tiba-tiba, jadi gagallah panen ayam kita. Rasa kesal itu pasti ada dalam benak anda bagi pemelihara ayam kampung, apalagi satu demi satu ayam kita mati tiba-tiba, pasti sedihlah.

Penyakit Telelo atau Newcastle Disease (ND) biasa juga disebut dengan istilah penyakit Samper Ayam ataupun Pes Cekak. Dimana penyakit ini merupakan suatu infeksi viral yang menyebabkan gangguan pada saraf pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh virus Paramyxo dan biasanya dikualifikasikan menjadi:
Strain yang sangat berbahaya atau disebut dengan Viscerotropic Velogenic Newcastle Disease (VVND) atau tipe Velogenik, tipe ini menyebabkan kematian yang luar biasa bahkan hingga 100%. Tipe yang lebih ringan disebut degan “Mesogenic”. Kematian pada anak ayam mencapai 10% tetapi ayam dewasa jarang mengalami kematian. Pada tingkat ini ayam akan menampakan gejala seperti gangguan pernapasan dan saraf. Tipe lemah (lentogenik) merupakan stadium yang hampir tidak menyebabkan kematian. Hanya saja dapat menyebabkan produktivitas telur menjadi turun dan kualitas kulit telur menjadi jelek. Gejala yang tampak tidak terlalu nyata hanya terdapat sedikit gangguan pernapasan.

Pada tahap yang mengenai pernapasan maka virus akan ditularkan melalui udara. Meskipun demikian pada penularan melalui udara, virus ini tidak mempunyai jangkauan yang luas. Unggas yang dinyatakan sembuh dari ND tidak akan dinyatakan sebagai “carrier” dan biasanya virus tidak akan bertahan lebih dari 30 hari pada lokasi pemaparan.

Gejala yang nampak pada ayam yang terkena penyakit ini adalah sebagai berikut:

  • Excessive mucous di trakea.
  • Gangguan pernapasan dimulai dengan megap-megap, batuk, bersin dan ngorok waktu bernapas.
    Ayam tampak lesu.
  • Napsu makan menurun.
  • Produksi telur menurun.
  • Mencret, kotoran encer agak kehijauan bahkan dapat berdarah.
  • Jengger dan kepala kebiruan, kornea menjadi keruh, sayap turun, otot tubuh gemetar, kelumpuhan hingga gangguan saraf yang dapat menyebabkan kejang-kejang dan leher terpuntir.

Penyakit tetelo ini terutama menyerang ayam baik pada usia muda ataupun yang dewasa. Biasanya terjadi pada masa pancaroba atau pada musim kemarau ke musim hujan. Cara penularannya adalah melalui ludah, feses, makanan dan minuman. Penularan juga melalui udara sehingga penyakit ini mudah menyebar kemana-mana dan Penyakit ini disebabkan oleh virus paramyxo.

Berikut Cara Mengatasi Penyakit Tetelo Pada Ayam Kampung :

  1. Hal yang perlu anda lakukan ialah memisahkan ayam bangkok sesegera mungkin sejak pertama kali terlihat gejala-gejala penyakit tetelo, seperti ayam kampung anda berak dan kotorannya sebagian besar putih encer.
  2. Makanan atau air yang bisa anda berikan seperti pur atau campuran nasi atau dedak, dan sebaiknya tidak terlalu banyak agar tembolok ayam tidak terlalu penuh. Jika kebanyakan bisa menganggu leher dan pernafasan ayam.
  3. Gunakan campuran ramuan 1 cm kunyit, kencur 1/2 cm, dan bawang putih setiap 3 kali seminggu. Cara ini dapat mencegah datangnya penyakit tetelo pada ayam.Cara ini diketahui dapat mencegah datang penyakit tetelo.
  4. Gunakan daun pepaya, temu ireng, temu lawak, kulit bawang putih, kulit bawang merah, daun teh dan daun salam sebagai obat penyakiit tetelo pada ayam. Ramuan ini juga bisa anda gunakan sebagai vitamin untuk menambah tenaga pada ayam.
  5. Gunakan Produk Nasa : Viterna, Poc Nasa dan Hormonik untuk meningkatkan pertumbuhan dan kekebalan tubuh pada ayam.

mungkin kelihatan di mata Anda sangat sederhana dan terbatas, tetapi cara-cara tersebut di atas merupakan cara yang sangat manjur untuk mengatasi ataupun mengobati penyakit tetelo pada ayam kampung anda. Sekian dan semoga membantu.
Salam LapakNasa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *