Home » Info Nasa » Faktor Penyebab Sapi Stres

Faktor Penyebab Sapi Stres

LapakNasa.comDalam usaha peternakan pasti akan ada resiko yang mungkin terjadi salah satunya ternak sapi, bagi anda yang sudah atau mungkin baru mau memulai usaha ternak sapi harus siap terhadap resiko yang mungkin terjadi pada sapi, salah satunya resiko sapi stres. Banyak faktor yang menjadikan stres, sehingga anda harus melakukan hal-hal pencegahan sebelum sapi tersebut terkena stres karena bila sapi sudah terkena stres akan mengakibatkan beberapa hal seperti kondisinya tidak nyaman sehingga bisa sakit, selain itu sapi juga bisa berkurang nafsu makannya sehingga akan berdampak pada pertambahan bobot yang terhambat.

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Sapi Stres

1. Tali Kekangnya Yang Terlalu Kencang

Saat sapi ditali terlalu kencang maka akan sulit untuk bergerak, keadaan itulah yang bisa membuat stres serta nafsu makannya bisa berkurang, selain itu juga bisa mengakibatkan kesakitan pada bagian hidungnya.

2. Mental Sapi Yang Terganggu

Sapi yang mentalnya sedikit terganggu akan merasa tidak nyaman saat ditempatkan pada satu kandang dengan api yang lain, ciri sapi yang seperti ini biasanya memiliki bulu agak lembab atau kurang kering saat diraba.

3. Kualitas Pakan Tidak Sesuai Dengan Keinginan Sapi

Pakan yang tidak sesuai dengan keinginan sapi biasanya juga bisa mengakibatkan stres, salah satu pakan tertentu misalnya rumput legume kadang tidak disukainya, jika dimakan dalam jumlah konsumsi lebih dari 40 % biasanya malah akan mengakibatkan kembung, selain itu pakan seperti konsentrat yang sudah lama atau kadaluarsa juga kadang tidak disukai ternak sehingga kalian harus memperhatikan kualitas pakan agar sapi dapat mengkonsumsinya dengan baik sehingga pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik.

Berikan pemakaian Produk Nasa : Viterna , Pocnasa dan Hormonik untuk mengurangi stres pada sapi, Produk Nasa baik dan cepat pula untuk proses penggemukan sapi. Campurkan dengan pakan sapi atau komboran.

4. Kondisi Kandangnya Kurang Nyaman

Kondisi kandang juga bisa berpengaruh seperti kandang yang kotor, banyak lalat, banyak nyamuk serta banyak lalu lalang manusia yang sedang beraktifitas sehingga sapi banyak terlihat terdiam, matanya sayu, responnya lambat, maksud dari respon lambat ini adalah ketika ada orang yang berada disekitarnya akan lambat saat bereaksi atau meresponnya.

5. Perkelahian Serta Persaingan

Bila sapi ditempatkan dalam satu kandang biasanya akan ada sapi yang saling berkelahi, baik itu dalam kondisi biasa atau saat mendapatkan pakan sehingga sapi yang kalah akan merasa takut dan menjadikan mentalnya down lalu stres, untuk itu sebaiknya sapi dibuatkan kandang untuk individu atau diberi sekat sebagai pembatas antara sapi satu dengan yang lainnya untuk mengantisipasi persaingan.

Demikianlah informasi dari kami tentang sapi stres, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Sekian dari kami, terima kasih dan sukses selalu untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *