Home » Info Nasa » Limbah Roti Afkir Untuk Pakan Ternak

Limbah Roti Afkir Untuk Pakan Ternak

LapakNasa.com – Roti yang sudah afkir dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak untuk menggantikan bahan pakan yang lain. Roti afkir merupakan roti yang sudah tidak layak lagi dimakan oleh manusia dikarenakan sudah melewati batas ketahanan roti tersebut. Roti afkir sudah tidak memiliki nutrisi yang sama seperti roti yang belum afkir, dikarenakan roti afkir sudah mengalami perubahan tekstur, aroma dan rasa. Yang biasanya sudah ditumbuhi jamur.

Kandungan Nutrisi

Kandungan nitrisi yang terkandung pada roti afkir tidak jauh berbeda dengan roti yang belum afkir, walaupun kandungannya sudah menurun. Berikut adalah kandungan nilai gizi dari roti afkir :
kandungan-nutrisi-roti-afkir-lapaknasa

Roti sisa pasar atau dikenal dengan roti afkir dengan kandungan nutrisi seperti tersebut di atas sudah termasuk baik bila dibandingkan dengan jenis-jenis pakan ternak yang ada di pasaran atau bahan pakan konvensional. Kelebihan roti sisa pasar yang lain adalah harganya murah, sehingga diharapkan dapat menekan biaya pakan. Selain untuk menghemat biaya pakan, pemanfaatan roti sisa pasar dapat untuk mengatasi masalah lingkungan yang ditimbulkannya.

Penelitian Tentang Penggunaan Roti Afkir Untuk Pakan Ternak

Dalam penelitiannya Alfi. 2009. Dengan judul Pengaruh Penggunaan Tepung Roti Afkir Sebagai Pengganti Jagung dalam Ransum terhadap Produksi Karkas Ayam Broiler Jantan menyatakan bahwa penggantian jagung dengan tepung roti afkir hingga 30% dapat menghasilkan karkas yang optimal, namun masih ada kendala terkait dengan kandungan mikotoksin dalam tepung roti afkir yang menyebabkan hati menjadi berwarna hijau.

Pemberian roti afkir level 15% dan 30% dalam ransum jadi tidak mempengaruhi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Namun substitusi roti afkir sampai taraf 30% dalam ransum jadi masih dapat dilakukan dengan tidak menimbulkan efek negatif pada performa burung puyuh. Selain itu dapat memberikan tingkat keuntungan ekonomis lebih besar (Gaol et. al., 2015).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bisa dijadikan manfaat bagi Anda para peternak.

Sumber:
Alfi. M. F., 2009. Pengaruh Penggunaan Tepung Roti Afkir Sebagai Pengganti Jagung dalam Ransum terhadap Produksi Karkas Ayam Broiler Jantan (The Effect of the Use of Unsold Bread as Corn Substitution in the Diet on Male Broiler’s Carcass Production). Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Semarang

4 komentar pada “Limbah Roti Afkir Untuk Pakan Ternak

  1. Kami ingin Menawarkan Penjualan Roti Afkir/Bs cocok buat pakan sapi perah/ayam/ikan
    Spesifikasi sbb:
    1. Roti Manis kadaluarsa
    2. Kondisi tidan berjamur

    Harga: Rp 2300 (masih bisa nego)

    Stok:10.000 Kg/Minggu

    Bagi rekan- rekan yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai komoditi yang ditawarkan, silahkan hubungi kami.

    Telp :081357590909/081937082727

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *