Home » Info Nasa » Cara Mudah Mengatasi Masalah Jamur Pada Lele

Cara Mudah Mengatasi Masalah Jamur Pada Lele

Info Perikanan Nasa – Pada cara sukses pemeliharaan budidaya perikanan lele, kita biasa mendapati terdapat bintik-bintik putih pada sekujur tubuh lele, maka kita harus waspada karena bintik putih ini akan menyebabkan lendir pada kulit lele hilang serta akan mengakibatkan kulit lele menjadi melepuh.Hal ini akan berakibat fatal pada lele bahkan menyebabkan kematian. Untuk mencegahnya kita bisa melakukan hal berikut:

  • Lakukan Perawatan air secara rutin/intensif,
  • Pelihara air kolam tambahkan dengan menggunakan probiotik atau herbal,
  • Segera ganti air kolam bila kualitas air sudah mulai jelek,
  • Dalam pemberian pakan usahakan diseduh terlebih dahulu menggunakan air hangat serta dicampur dengan probiotic dan cacing lalu di fermentasikan.
  • Gunakan Produk suplemen yang sudah teruji seperti Produk Perikanan Nasa : TON, Viterna, Pocnasa, Hormonik dan Tangguh Probiotik, karena produk nasa sudah terbukti dalam aplikasi dalam berbudidaya perikanan. Gunakan Tangguh Probiotik dan TON untuk terapi air, sedangkan viterna, Pocnasa dan hormonik campurkan dengan pakan.

Bila lele kita budidaya sudah terlanjur terserang oleh penyakit ini maka kita dapat meramu obat herbal seperti berikut:

Cara Pertama :

Bahan:

  • Siapkan 2 biji Bawang Putih,
  • 10 Lembar Daun Sirih,
  • 1/4 kg Kunir,
  • dan 10 lembar Daun Pepaya.
  • Bila tidak ada daun pepaya kita bisa menggunakan daun jambu biji atau daun kipahit.

Cara membuat dan menggunakannya :

  • Haluskan semua di atas (bisa di blender),
  • Rebus bahan-bahan diatas dengan menggunakan 2 liter air bersih lalu biarkan sampai dingin,
  • Untuk penggunaannya kita dapat langsung menyiramkannya ke dalam kolam lele dengan dosis 1 gelas per hari (harus lakukan sampai ikan benar-benar sembuh). Tapi perlu diperhatian bahwa lele yang sudah terserang penyakit ini walaupun dapat diobati namun tetap saja akan ada yang mati.

Cara Kedua :
Menggunakan Kalium Permanganat (PK)

kalium permanganat (PK) merupakan oksidator kuat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit ikan akibat ektoparasit dan infeksi bakteri atau jamur terutama pada ikan-ikan didalam kolam. Kalium permanganat (PK) mampu membunuh berbagai parasit dengan merusak dinding-dinding sel mereka melalui proses oksidasi.

Cara pengunaanya dengan melarutkan PK kedalam seember air kurang lebih 10 liter dan campurkan sedikit serbuk PK, kemudian aduk sempai merata. Setelah itu rendam ikan lele yang terkena jamur tersebut selama kurang lebih 30 menit. Jika yang terinfeksi jamur lebig dari 50 ikan yang ada dikolam maka bisa dilakukan dengan menebarkan larutan PK tersebut kedalam kolam.

Cara Ketiga :
Dengan Menggunakan Bahan Berupa Garam Dapur

Pada dasarnya ikan memiliki konsentrasi garam sebesar 1% dalam tubuhnya, sedangkan air tawar biasanya memiliki konsentrasi garam sebesar 0,1%. Pada saat ikan berada didalam air akan terjadi gradien tekanan osmotik antara ikan dengan air sebagai lingkungannya. Melalui proses difusi ikan mengeluarkan garam dan masuknya air tawar. Dalam mempertahankan fungsi seluler yang tepat, ikan secara terus menerus harus mengganti kandungan garam yang hilang dan mengeluarkan kembali air tawar yang berlebih pada tubuhnya. Ini disebut proses Osmoregulasi, proses ini membutuhkan energi bagi ikan. Pada ikan yang sakit energi yang dikeluarkan ini akan mengakibatkan penurunan stamina ikan sehingga efeknya lebih rentan terhadap serangan parasit dan jamur yang merugikan.

Cara penggunaanya, dengan melarutkan 3 sendok garam pada 10 liter air bila perlu ditambahkan sedikait cuka, kemudian rendam ikan lele yang terkena penyakit jamur tersebut selama kurang lebih 15 menit, angkat kembali ikan dan pisahkan dari ikan yang lainnya. Hal ini bertujuan agar ikan yang terkena penyakit jamur tidak menyebar.Jika ikan lele yang terjangkit penyakit jamur banyak, maka bisa menebarkan garam kekolam dengan kadar 3 sendok per meter persegi, atau lebih baik mengganti air dan memisahkan ikan yang sakit ketempat yang lain supaya penyakit jamur tidak berkembang berkesinambungan.

Semua hal bisa terjadi dalam bisnis lele, yang perlu kita tanamkan adalah upaya untuk menjaga agar budidaya yang kita jalankan bisa terhindar dari segala masalah. Mudah-mudahan artikel mengenai cara mengobati penyakit jamur pada ikan lele ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan khususnya bagi saya dan umumnya bagi anda semua yang membaca. Terimakasih (Banyak orang kecewa karena gagal setelah mencoba, tapi lebih banyak orang yang kecewa karena dia tidak pernah mencoba.)

Semoga masalah dan penyakitnya dapat terobati dan terselesaikan dan sukses selalu untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *