Home » Info Nasa » Mengobati Ayam Ngorok Dengan Obat Alami

Mengobati Ayam Ngorok Dengan Obat Alami

Ada banyak penyakit yang sering ditemui pada ayam, salah satunya adalah penyakit ngorok atau bahasa ilmiahnya CRD (Chronic Respiratory Disease). Penyakit ini sering menjadi keluhan para penghobi ayam dikarenakan penyakit ini dapat menular ke ayam lain sehingga apabila tidak segera diatasi akan berdampak buruk bagi ayam lainnya. Penyakit ini sering menyerang ayam karena beberapa faktor seperti kondisi lingkungan dan perubahan cuaca, selain itu untuk ayam aduan biasanya kurang bersihnya saat membersihkan air liur sehabis diadu sehingga air liur tersebut menyumbat pernafasan dan akhirnya terjadilah ngorok.

Penularan penyakit ini terhadap ayam lain terjadi melalui makanan, minuman, lingkungan yang kotor, makanan atau minuman yang tercemar kotoran ayam yang sedang sakit, udara dan yang lainnya. Gejala yang timbul akibat penyakit ini adalah timbulnya bersin atau batuk, susah bernafas, berbunyi ngorok, apabila ayam sudah terlihat tanda-tanda seperti itu maka sesegeralah dikarantina atau dipisahkan dengan ayam lain lalu melakukan tindakan agar penyakit itu semakin tidak parah dan tidak menular ke ayam lain. Untuk mengobati ayam ngoorok sebenarnya ada beberapa cara yaitu dengan obat pabrikan yang dapat diperoleh di toko ternak atau menggunakan obat tradisional alami, namun pada kesempatan kali ini yang akan kami ulas adalah dengan obat alami karena dengan menggunakan obat alami ini kecil kemungkinan ayam akan terkena efek samping, lain halnya apabila menggunakan obat ilmiah, untuk tipsnya bisa dilihat dibawah ini.

Menggunakan Jeruk Nipis dan Kecap Manis

Caranya adalah jeruk nipis diperas airnya sebanyak 1 sendok teh, kemudian ditambah kecap manis secukupnya saja lalu langsung diminumkan ke ayam yang terserang penyakit ngorok, berikan obat ini pada waktu pagi hari dan diberikan ulang selama 2 sampai 3 hari atau sampai sembuh.

Menggunakan Blimbing Wuluh

Caranya adalah ayam yang terserang penyakit tersebut dikoroki dengan air hangat sampai benar-benar bersih, kemudian ambil blimbing wuluh sebanyak 1 buah lalu sedikit di pencet dan langsung diberikan ke ayam. Berikan blimbing ini pada waktu pagi hari dan diberikan ulang selama 2 sampai 3 hari atau sampai sembuh.

Menggunakan Buah Mengkudu atau Pace Yang Sudah Matang

Caranya adalah mengkudu yang sudah disiapkan diiris seukuran jari lalu dilolohkan pada ayam yang terjangkit penyakit ini. Pemberian dilakukan sehari sekali saja di pagi atau sore hari, dan sebelum ayam tersebut diberikan makan.

Produk Nasa Untuk Menangkal Penyakit Hewan Ternak:

PT. NATURAL NUSANTARA mengeluarkan Produk Organik Untuk Peternakan dengan bentuk suplemen khusus ternak yaitu Viterna, Poc Nasa dan Hormonik, yang bisa untuk menjaga kesehatan ternak atau menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Produk ini menggunakan teknologi asam amino kang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh ayam, sapi, Kambing dan domba, yaitu dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak.

VITERNA Plus mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak, yaitu :

  • Asam-asam amino esensial, yaitu Arginin, Hiistidin, Leusin, Isoleusin dan lain-lain sebagai penyusun protein tubuh, pembentuk sel dan organ tubuh.
  • Vitamin lengkap yang berfungsi untuk berlangsungnya proses fisiologis tubuh yang normal dan meningkatkan ketahanan tubuh kambing/domba dari serangan penyakit.
  • Mineral-mineral lengkap yaitu N, P, K,  Ca, mg , Cl dan lain-lain sebagai penyusun tulang, darah dan berperan dalam sintesis enzim untuk memperlancar proses metabolisme  dalam tubuh.

POC NASA & Hormonik

POC NASA adalah Formula khusus terutama untuk tanaman, peternakan dan perikanan yang dibuat murni dari bahan-bahan organik dengan fungsi multiguna :

  • Meningkatkan bobot unggas (ayam, bebek, dll), ternak besar (sapi, kambing,dll), ikan serta udang,
  • Meningkatkan nafsu makan unggas, ternak dan ikan atau udang,
  • Membantu pembentukan pakan alami ikan dan udang (plankton).

HORMONIK lebih berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh bagi ternak. Di mana formula ini akan sangat membantu meningkatkan pertumbuhan ternak secara keseluruhan.

HORMONIK mengandung Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Organik terutama Auksin, Giberelin dan Sitokinin, di formulasikan dari bahan alami yang dibutuhkan oleh semua jenis binatang. HORMONIK tidak membahayakan (aman) bagi kesehatan manusia maupun binatang.

Cara Pengaplikasian Produk Nasa :

Cara penggunaannya adalah dengan dicampurkan dalam air minum atau komboran pakan konsentrat dengan dosis:
± 10 cc atau 1 tutup botol VITERNA /ekor/hari. Penambahan Viterna, Pocnasa dan hormonik tersebut dilakukan pada pemberian air minum yang pertama.

Demikianlah informasi tentang mengobati ayam ngorok, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *