Home » Info Nasa » Rahasia Peluang Bisnis Hidroponik Untuk Pemula

Rahasia Peluang Bisnis Hidroponik Untuk Pemula

LapakNasa.com – Hidroponik adalah budidaya menanam yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya, namun mengedepankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan tanaman hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya tanaman yang menggunakan media tanah, karena dengan air terbataspun budidaya hidroponik tetap dapat efisien dan dengan lahan yang terbataspun bisa dilakukan.
Berikut adalah ulasanya :

Peluang Usaha Hidroponik

  • Mudah dikembangkan

    Hidroponik adalah salah satu budidaya sistem budidaya tanaman yang sangat mudah untuk dikembangkan.

  • Hemat Tempat

    Untuk lokasinya, Anda dapat memanfaatkan yang sempit sekalipun. Untuk ukuran wadah larutan tergantun pada ukuran tanaman yang akan ditanam.

  • Media Yang Mudah
    bisnis-hidroponik-lapak-nasa

    Apabila Anda memulai memilih usaha ini di rumah sebagi tempat budidaya hidroponik, manfaatkan seperti : toples, ember, gelas atau tempat-tempat lainya akan membantu Anda untuk memulai budidaya.
    Perlu juga Anda fikirkan untuk membungkus wadah-wadah bening dengan melapisinya dengan menggunakan allumunium foil, plastik maupun cat untuk memastikan menolak cahaya masuk ke media, jadi memperkecil kemungkinan tumbuhnya lumut. karena tidak menggunakan media tanah inilah yang dapat memberikan kemudahan bagi Anda melakukanya.

  • Butuh Ketekunan, Mencoba dan Belajar

    Dengan ketekunan serta ketelatenan, maka anda akan mendapatkan perjalanan bisnis menunjang masa depan dari penggunaan budidaya Hidroponik ini. Dengan penempatan yang cukup mudah, maka akan menambah keinginan anda memulai usaha satu ini. Keperluan sebagai hiasan juga dapat menjadi salah satu faktor munculnya budidaya Hidroponik menguntungkan ini. pot-pot Hidroponik akan lebih leluasa ditempatkan di sisi rumah mana saja.

  • Bisa Hidup Tanpa Pestisida

    Bila anda memiliki lahan yang lebih luas, maka akan lebih membantu dalam melakukan budidaya Hidroponik ini. Karena anda juga akan semakin ditunjang dengan fakta satu ini, jika kebutuhan nutrisi pada tanaman yang budidayanya menggunakan sistem Hidroponik dan dikelola dengan baik, maka bisa jadi pestisida tidak dibutuhkan lagi, maka dampaknya tidak ada residu pestisida yang ada pada pembuangan media airnya.

  • Sesuaikan Lahan Dengan Tanaman

    Untuk lahan yang cukup luas maupun lahan yang kurang luas pun, anda dapat melihat lagi peluang dari segi tanaman yang dapat tumbuh dengan menggunakan media Hidroponik. Contohnya saja selada, sawi, selada air, timun, atau sayuran-sayuran hijau lainnya kiranya dapat menjadi referensi bagi anda. Pertumbuhan subur dengan media sederhana mampu memberikan skala khusus bagi pengembang untuk membuatnya sebagai salah satu pilihan prospek masa depan.
    Bukan hanya berupa sayuran hijau, seperti cabai dan tomat pun tidak kalah juga. Kedua tanaman ini akan hidup dengan sangat baik menggunakan budidaya Hidroponik.
    Secara singkat dapat dipastikan, bahwa tanaman yang dibudidayakan dengan menggunakan sistem Hidroponik maka akan mudah penanganannya apabila mengedepankan kualitas serta kuantitas nutrisi yang didapatkan oleh tanaman melalui aliran air yang sedikit dan efisien.

  • Hidroponik Cabe, Ramai Peminatnya

    Pemilik restoran dan supermarket sekarang lebih suka memilih tanaman hidroponik salah satu sayuran yang paling banyak di cari adalah cabai.
    Berikut adalah alasan kenapa tanaman hidroponik ramai peminat
    a. Hemat air untuk mencuci karena tanaman ini tidak terlalu kotor,
    b. Tidak menggunakan pestisida,
    c. Higienis karena tidak menyentuh tanah,
    d. Tidak diserang hama seperti ulat.

  • Ada 3 Cara Hidroponik Yang Paling Terkenal

    a. NFT
    sistem-pipa-dilubangi-lapaknasa
    Seperti membuat selokan dari pipa yang dilubangi. Akar tanaman langsung terkena air yang sudah berisi nutrisi hara. Cocok untuk sayuran seperti bayam,
    b. Wick System
    sistem-wick-hidroponik-lapaknasa
    Mirip NFT, biasanya pipanya tidak dijadikan selokan tetapi dipotong separo. Lalu ditaruh di wadah yang ada air unsur hara dan sekamnya,
    c. Air tetes
    drip-sistem-lapak-nasa
    Menanam di Polybag yang diisi sekam padi, lalu air bernutrisi hara diatur supaya menetes sedikit demi sedikit.

  • Modal Minim, Untung Menggiurkan

    Misalnya Selada. Biaya pembuatan selada per kg : Rp 20.000 sedangkan harga jual ke supermarket adalah Rp 35.000,-. Anda sudah untung 15.000 per kg. Bayangkan jika anda bisa membuat 1 kwintal bahkan 1 ton selada perbulan. Untuk menghasilkan satu ton selada, anda butuh tenaga kerja.

  • Berbisnis Hidroponik Untuk Dijual Sebagai Hiasan

    Bahkan dengan semakin berkembangnya zaman, maka kebutuhan manusia kian beragam. Seperti halnya dengan kebutuhan pada tanaman salah satunya sistem Hidroponik. Beberapa orang bukan menggunakan budidaya Hidroponik sebagai pengembang usaha secara global untuk pemenuhan pangan saja. Beberapa dari mereka justru membuat sistem Hidroponik sebagai hiasan rumah yang menambah kesan mewah namun tetap sederhana. Hal inilah yang semakin memikat para konsumen serta pembuka peluang usaha untuk tetap fokus dalam berkarya.

  • Pergunakan Produk Organik Nasa

    Seperti : Supernasa, POC Nasa, Hormonik, Greenstar, adalah nutrisi untuk tanaman yang sangat bisa diberikan atau diaplikasikan dalam teknik budidaya hidroponik, karena memberikan zat perangsang tumbuhan (ZPT) dengan maximal.

Karena tidak ada yang tidak mungkin, jika semakin lama sistem Hidroponik akan semakin mendunia karena sistem dan cara yang dapat dipelajari, selain itu tentunya fokus lokasi yang tidak akan mengecewakan bagi konsumen atau pebisnis yang hanya memiliki lahan sempit.

Demikian pembahasan tentang hidroponik yang kami persembahkan, dengan semakin tingginya keinginan elegan serta tetap praktis yang diinginkan pangsa pasar, maka anda dapat mendulangnya dengan pemanfaatan lahan sempit sebagai salah satu sektor masa depan yang gemilang.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat…


			

2 komentar pada “Rahasia Peluang Bisnis Hidroponik Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *