Home » Tanya Jawab » Hama & Penyakit » Tanya Jawab Hama Dan Penyakit Tanaman

Tanya Jawab Hama Dan Penyakit Tanaman

LapakNasa.com – Adalah informasi tentang pertanyaan-pertanyaan permasalah pada tanaman dan Solusinya dengan menggunakan produk nasa : Pentana, Pestona, BVR, Metilat LEM, Aero 810, Natural GLIO :

  • Kalau untuk menghilangkan jamur pada tanaman salak, pakai apa, karena buahnya sering busuk ?
    Busuk bisa disebakan kurang unsur K, terlalu banyak unsur N, tanah masam dan kena jamur. Coba terapi tanah dengan Dolomit dan dikocor dengan KCl + Power Nutrition bisa ditambahkan Natural GLIO. Selain itu juga kebersihan dan kelembaban kebun dijaga.
  • Bagaimana aplikasi GLIO pada tanaman cabe, sedang pupuk kandang sudah ditebarkan dan intervalnya berapa, terima kasih.
    Pemakaian GLIO yang paling ideal memang dicampur dengan pupuk Kandang matang atau kompos, 1 pak GLIO 100 gr + 25-30 kg PuKan tebarkan sebelum tanam atau masukkan ke lubang tanam 1 genggam (200 gr) tetapi GLIO bias juga dikocorkan bersamaan SUPERNASA atau disemprotkan 1 sendok makan GLIO ditambah 1 sendok gula pasir tiap 1-2 minggu sekali.
  • Mau tanya kalau layu dan buahnya kuning terus rontok dikendalikan dengan obat apa pada cabe ?
    Melihat dari gejalanya disebabkan oleh jamur, tapi jamur ini berkembang karena kelembaban tinggi karena curah hujan, genangan air, ataupun drainase yang buruk. Pemupukan Urea yang berlebih juga memacu perkembangan jamur, selain itu juga bisa karena kurang unsur Kalium dan hormon. Ibu bisa pakai Natural GLIO sejak awal sebagai tindakan pencegahan dan juga pemberian pupuk Kalium ditambah POWER Nutrition atau SUPERNASA untuk memperkuat daya tahan tanaman.
  • Cabe saya ada masalah batang layu di potong dalamnya bolong ada warna hitam apa penyakitnya dan solusinya ?
    Serangan jamur dan bakteri mempunyai tanda yang sangat mirip. Ada yang busuk kering dan busuk basah, sukar dibedakan dengan mata telanjang. Potong aja sebagaian batang terserang dan masukkan ke dalam gelas berisi air bening. Amati gelas bila potongan tersebut keluar cairan keruh seperti awan berarti bakteri, apabila tetap jernih berarti jamur. Solusinya pakai Natural GLIO sejak awal tanam dan ulangi tiap minggu sekali.
  • Penyakit bule/daun putih pada cabe apa obatnya ?
    Penyakit bule disebabkan oleh virus yang namanya gemini. Virus gemini ini perkembangan sangat cepat karena ditularkan oleh vektor atau perantara yaitu kutu kebul (Bemisia tabaci). Kita kendalikan vektornya dengan Metilat LEM dan PENTANA.
  • Pak apakah bisa diatasi tanaman cabe yang kriting pakai apa, karena benih jelek. Mohon petunjuk ?
    Cabai kriting disebabkan oleh virus mozaik Gemini (bule), yang ditularkan lewat perantara kutu kebul (Bemisia tabaci), thrips atau tungau. Kendalikan vector perantaranya dengan PENTANA dan Metilat LEM.
  • Bagaimana untuk mengendalikan patek pada cabe ?
    Patek atau busuk buah yang disebabkan jamur Antraknose kalau dah kena sulit diatasi karena penyebaran jamur cepat sekali apalagi didukung curah hujanm drainase jelek. Ambil buah terserang dibuang dan musnahkan, kemudian semprot 1 sendok GLIO dan 1 sendok gula pasir tiap 5 hari sekali.
  • Tanaman cabe terserang pupus menguning, mengering diikuti batang mengering, petani menyebut nya penyakit krapak.Bgm pencegahan dan pengendaliannya ?
    Penyakit ini disebabkan oleh serangan jamur. Gunakan Glio untuk antisipasinya.
  • Cabe merah daunnya keriting cara mengatasinya bagaimana?
    Kriting cabai merah bisa karena cuaca ekstrim dan juga karena kutu-kutuan yang menghisap cairan daun-daun pada pucuk (yang berpotensi membawa virus). Semprotkan PENTANA 4-5 tutup/tangki , 2 x seminggu atau 3 hari sekali + sepertiga tutup aero / tangki.
  • Saya ada keluhan dari petani cabe yang menggunakan pupuk mikroba dan pestisida kimia. Tanaman cabenya sudah mulai berbuah tapi banyak sekali hama yang tidak bisa dikendalikan sehingga daunnya kuning dan kecil2. Apakah dengan pestisida dari NASA masih bisa mengatasinya, sedangkan produk kimia tidak mempan? Terus pupuk yang dipakai apa saja?
    Produk kimia belum tentu tepat dan bisa mengatasi hama jika produk yang dipilih bukan spesifik untuk hama. Produk NASA yang bisa untuk mengatasi permasalahan cabe yang bapak utarakan adalah PENTANA dengan dosis 6-7 tutup per tangki dengan ulangan 3 hari sekali hingga kutu tersebut hilang. Sesekali bisa bapak semprot dengan PESTONA 7-8 tutup agar menghilangkan bekas dari kutu2 tersebut.
  • Selamat pagi, kalau padi umur 70 hari, dan dari awal belum pakai produk NASA, tetapi umur 70 hari petani ingin pakai anti hama nasa untuk pencegahan seperti kresek, ulat, dll pakai apa pak ?
    Pakai PESTONA + AERO atau BVR untuk pencegahan walang sangit, kepik, dll.
  • Dengan produk apa NASA memberi solusi pada tanaman padi yg terkena sundep dan daunnya menguning trus kering ?
    Melihat gejalanya disebabkan oleh penggerek batang padi, jika masih fase vegetatif (pertumbuhan) gejalanya disebut sundep, batang padi dicabut mudah dan jika sudah terbentuk malai disebut beluk, malai hampa. Gunakan Natural BVR sejak di pembibitan, kemudian semprot tiap minggu sekali setelah tanam dengan PESTONA dan BVR secara selang-seling.
  • Apakah GLIO mampu mengendalikan Antraknose sedangkan antraknose menyerang di atas ?
    Pangkal mula serangan penyakit awalnya dari tanah karena patogen atau penyebab penyakit hidupnya di tanah. Karena percikan air hujan, angin, alat pertanian yang tidak steril dan terbawa manusia dia bisa ke batang, daun bahkan sampai buah. Tetapi jika sejak awal sebelum tanam, tanah kita kelola dengan Natural GLIO dan penyemprotan rutin tiap minggu sekali kemunginan besar serangan jamur 50% bisa dikurangi.
  • Bagaimana untuk mengatasi busuk buah dan phytium pada mentimun Jepang ?
    Busuk buah dan phytium disebabkan oleh jamur, sehingga pencegahan dilakukan sejak dini sebelum tanam dengan Natural GLIO + pupuk kandang matang dan penyemprotan tiap minggu sekali dengan 1 sendok GLIO + 1 sendok gula pasir per tangki.
  • Kalau untuk penaggulangan hama sundep dan kresek yg betul2 paten apa dan bagaimana cara aplikasinya ?
    Hama penyakit terus menerus berkembang dan sifatnya dinamis. Jadi monitoring sangat perlu terutama penggerek padi (sundep dan beluk). Sejak di pembibitan pakai BVR, kemudian setelah tanaman tiap minggu sekali pakai BVR dan PESTONA secara selang seling sebagai pencegahan dan bila serangan diatas 15-20% bisa disemprot pakai insektisida sistemik dicampur PESTONA.
  • Pak, untuk padi awal pertumbuhan tanaman bagus, tumbuh dengan subur tapi setelah berbuah kenapa padinya kelihatan jarang. Untuk produk dr SPR smp PWR sudah pakai.
    Pupuk hanya merupakan salah satu faktor keberhasilan tanaman, selain itu ada benih, air, cahaya matahari, tanah dan hama penyakit. Buah padi yang jarang bisa disebabkan kurang unsur Kalium, unsur N berlebihan atau kena serangan hama penyakit seperti wereng, penggerek batang atau walang sangit serta penyakit kresek atau hawar daun. Kalau kena hama tersebut bisa pakai PESTONA, PENTANA atau BVR secara selang-seling tiap minggu sekali, dan penyakit bisa pakai Natural GLIO sebagai pencegahan.
  • Maaf pak untuk pengendali hama keong mas pada padi pakai apa dan cara aplikasinya gimana pak ?
    Pengalaman mitra NASA untuk keong padi padi pakai PESTONA bisa menekan perkembangan hama tersebut, yaitu dengan cara disemprotkan dengan kondisi air macak-macak. Selain itu juga bisa dibuat alat dengan belahan bambu dipasang dilahan, biasanya keong lebih suka bertelur di bambu kemudian tinggal ambil telur keong dan musnahkan.
  • Cara mengantisipasi padi yang kena hama merah, padinya kayak terbakar itu ?
    Padi bpk kena jamur. Sebaiknya dengan mengatur jarak tanam lbh lebar, dan antisipasi dengan pengocoran glio. Jika sudah terjadi serangan berat silahkan pakai fungisida kimia.
  • Untuk mengendalikan orong2 bisa pake apa pak, karena skarang motong2 batang padi yg baru ditanam ?
    Orong-orong bisa disemprot dengan PESTONA atau PENTANA dengan dosis sesuai dilabel produk.
  • Pak bahan aktif dari NPA apa ?
    Bahan aktif Pentana dari berbagai ekstrak tumbuhan yang mengandung minyak atsiri.
  • BVR diCampur AERO apa bisa ?
    Jangan karena BVR makhluk hidup, sedang di AERO ada perakatnya sehingga bisa mengganggu aktivitas gerak dari jamur BVR.
  • Kalau GLIO bisa ndak pak dicampur AERO dan PENTANA ?
    Sebaiknya JANGAN dicampur, karena GLIO adalah makhluk hidup dari jamur yang mana akan berpengaruh pada gerak jamur GLIO bila dicampur AERO atau PENTANA.
  • Pak prodak NASA yang untuk obat jamur pada batang karet ada nggak ?
    Pakai Natural GLIO yang berbahan aktif Gliocladium dan Trichoderma.
  • Untuk cabuk, ulat di kecipir dan cabai apa obatnya, untuk jamur & anggrek ?
    Semprot PENTANA 1 tangki 3-5 ttp dalam 14 lt air, untuk jamur siram GLIO atau semprotkan 1 sendok makan GLIO + 1 sendok gula pasir pertangki.
  • Buah padi putih kapas tidak berisi tapi daun dan batang hijau apa penyebabnya, solusinya bagaimana, sebelum dan sesudahnya trimS ?
    Bisa terlalu banyak N, kurang unsur K atau kena penggerek batang. Kalau baru terbentuk malai bisa dipupuk KCl + POWER, tapai kalau malai dah penuh ya dibiarkan saja sampai panen.
  • Semangat pagi Pak, kemarin saya nyemprot walang sangit pakai BVR, tapi udah 3 hari kok belum ada reaksi, Cuma daun padi yang kuning jadi hijau. Berapa lama biasa BVR nampak reaksi, 1 kotak saya gunakan 4 tangki .
    BVR adalah mahkluk hidup dari jamur yang butuh proses dalam menyerang hama sasaran. Hal ini sangat dipengaruhi oleh radiasi sinar matahari, tingkat kekebalan hama, kelembaban dan cara aplikasi serta tangki yang digunakan. Secara normal BVR bisa berkecambah 2 jam setelah aplikasi dan mulai bereaksi 2-3 hari sudah mulai terlihat gejala serangan dan 7-10 hari hama sasaran udah mati karena ditumbuhi spora jamur BVR warna putih.
  • Pak pisang/jeruk isinya keras, apa penyebabnya dan apa obatnya ?
    Gejala tersebut disebabkan oleh bakteri dan untuk pencegahan pakai GLIO
  • Pada bibit sengon ujung terlihat putih seperti terbungkus cendawan, mogok dan perlahan menjadi kering, pada akar terdapat benjol2, bagaimana solusinya?
    Pada pembibitan sengon, biasanya terkena Penyakit Dumping-off atau rebah semai yang disebabkan oleh Phytium sp., Phytoptora sp. Dan Rhizoctonia sp., biasanya gejala lodoh akar atau batang. Sedang pada akar yang benjol-benjol disebabkan oleh jamur Ganoderma sp. atau Ustilina sp. Yang mana akar menjadi busuk. Untuk pencegahan dengan Natural GLIO yang berbahan aktif Gliocladium sp. dan Trichoderma sp.
  • Mohon info untuk mencegah karat tumor pada bibit sengon. Sekarang mau semai bibit, Salam sukses.
    Serangan karat puru pada sengon ditandai dengan terjadinya pembengkakan (galls) pada ranting/cabang, pucuk-pucuk ranting, tangkai daun dan helaian daun. Gall ini merupakan tubuh buah dari jamur.
    Penyakit karat puru dapat menjadi persoalan yang serius dalam pengelolaan tanaman sengon. Penyebaran penyakit ini sangat cepat. Penyakit ini menyerang sengon mulai dari persemaian sampai lapangan dan pada semua tingkat umur. Kerusakan serius bila serangan terjadi pada tanaman muda (umur 1- 2 tahun), karena titik-titik serangan (gall) bisa terjadi di batang utama sehingga batang utama rusak/cacat, tidak dapat menghasilkan pohon berkualitas batang yang tinggi). Penyebab penyakit karat puru yang menyerang tegakan sengon adalah jamur Uromycladium tepperianum, menyebabkan pembengkakan (gall) yang menyolok pada dedaunan dan ranting pohon. Pencegahan dan Pengendalian :
  1.  persemaian, maka semai yang menunjukkan gejala serangan harus segera dicabut dan dimusnahkan (dibakar).
  2. perlu pengawasan yang ketat tentang transportasi benih, bibit, dan kayu tebangan dari daerah yang diketahui telah terserang ke daerah yang belum terserang
  3. Pemeliharaan tanaman yang sudah ada (pemupukan dan penjarangan).
  4. Upayakan menghilangkan gall dan bagian tanaman yang terserang sedini mungkin, sebelum gall membesar dan berwarna coklat. Langkah selanjutnya adalah mematikan sel-sel penyakit karat puru di bagian yang terserang agar tidak tumbuh gall lagi, dengan spiritus, kapur, garam, dan belerang serta semprot Natural GLIO
  5. Menghindari penanaman sengon untuk sementara, terutama di dataran tinggi yang berkabut
    Lakukan rotasi tanaman dan pemulihan tanaman sengon.
  • Untuk penyakit pembibitan albasia putih2 di pucuk trus daun akhirnya pada rontok lalu mati pake apa cara penanggulangannya ?
    Putih-putih di pucuk kemungkinan besar disebabkan hama kutu putih ( Aleurodestrus sp.) yang akan menghisap daun-daun muda pada pembibitan sehingga daun jadi rontok. Pakai PENTANA yang khusus untuk jenis kutu.
  • Sore hari mulai jam 15 rata2 di sini slalu hujan. Sekarang juga walo rintik2. Kalau siang mah jarang hujan. Ada advis waktu semprot lain Tks.
    Penyemprotan hama paling bagus sore atau malam hari, misal sore hujan bisa dilakukan sepagi mungkin sebelum jam 7 pagi karena hama masih relatif bergerak dan belum sembunyi.
  • Gimana cara mengatasi hama bentuknya sperti kupu tp kecil2, istilah orang jawa namanya tritip/keper, dia nyerang tanaman kobis ?
    Pasang Perangkap keper atau tritip dengan Metilat Lem dan semprot PENTANA tiap minggu sekali.
  • Di NASA yang cepet untuk bunuh ngangkrang apa dan dosis berapa ?
    Bisa pakai PESTONA dan PENTANA ditambah AERO 810, dosis sesuai anjuran yang ada di label produk.
  • GLIO semprot atau kocor, dosis gimana, atau ada referensi lain ?
    Glio bisa disemprotkan dengan dosis 1 sendok makan GLIO dicampur 1 sendok gula pasir per tangki, semprot merata tiap minggu sekali.
  • Bolehkah GLIO sy campur dengan NPK? suwun.
    Boleh aja, karena NPK adalah pupuk.
  • Saya ada masalah besar di awal aku merintis jaringan. Data teknis : Kebun Stroberri usia 9 bulan, sudah berbuah lokasi = Kledung, Wonosobo iklim ekstrim panas = siang, jam 4 sore kabut turun, malam = extra dingin. Pokok masalah embun UPAS di pagi hari. Tan yg kena buah rusak, mblonyoh, spt mau busuk dan berair. Apa dikarenakan virus, bakteri, jamur/kadar belerang yang dibawa embun upas itu? Apa yang harus saya lakukan, produk NASA apa yg dipakai ?
    Melihat gejalanya disebabkan jamur, apalagi didukung cuaca yang mendukung apalagi berkabut sangat cocok sekali bagi perkembangan jamur upas atau Upasia salminicolor. Solusi : setelah hujan rintik-rintik atau ada kabut langsung semprot aja dengan air biasa dan jangan lupa penyemprotan GLIO tiap minggu sekali rutin.
  • Untuk menanggulangi ulat tanah bagaimana ?
    Ulat tanah pakai PESTONA atau PENTANA dikocorkan atau siramkan.
  • Untuk mencegah ulat tanah kami biasa menggunakan Furadan dicampur TSP dan Urea utk pupuk dasar, apakah bisa dicampur dengan POP SPR pada tanaman timun ?
    Bisa dicampur dengan SUPERNASA + TSP + Urea bisa ditaburkan atau disiram atau dikocorkan untuk menghemat tenaga.
  • Saya dapat laporan dari mitra di Palembang, beliau punya kebun pisang dan hampir 1 ha (110 btg) terkena serangan layu. Mohon sarannya.
    Penyakit layu disebabkan oleh jamur Fasarium oxysporium ( Penyakit Fusarium ) dan Penyakit Moko (Layu bakteri ) yang disebabkan oleh Ralstonia solanacearum. Cara Pengendalian :  PEMILIHAN BIBIT YANG SEHAT, PEMUPUKAN DAN PEMBUMBUNAN RUMPUN SAAT AWAL MUSIM HUJAN, MELAKUKAN PINDAH TANAM, SANITASI LINGKUNGAN, DAN TIDAK MEMBUANG BATANG PISANG DI BAWAH TANAMAN/RUMPUN, ALAT PERTANIAN YANG BERSIH, PEMBRONGSONGAN BUAH PISANG, PENGGUNAAN AGENS HAYATI (Gliocladium sp. atau Trichoderma harsianum)
  • Untuk mengendalikan gayas pakai apa bos ?
    Gayas itu sejenis uret to bos, siram aja pakai PESTONA + AERO, dosis lihat label produk.
  • Saya punya jeruk umur 4 th, buah kurang, rontok, daun kaku ada bercak hitam, ada yang daunnya kena kupu kecil2 warnanya putih, sy baru gabung ke nasa, produk NASA apa yang perlu diberikan ke jeruk saya ?
    Melihat gejalanya jeruk bapak kena serangan kutu putih yang menghisap cairan daun dan kotoran dari kutu yang menimbulkan bercak hitam yang disebut penyakit embun jelaga. Untuk mengatasinya bisa dilakukan pemangkasan daun-daun terserang, semprot PESTONA atau PENTANA atau BVR tiap minggu sekali. Lebih bagus PESTONA atau PENTANA ditambah dengan AERO 810, tetapi untuk BVR jangan dicampur AERO 810.
  • Semangat Pagi Pak, saya punya masalah pada tan kacang tanah pada umur 7 hr ada penyakit kutu di daun itu apa obatnya dan gimana caranya ?
    Untuk kutu-kutuan produk NASA yang lebih khusus adalah PENTANA dan bisa dipasang perangkap Metilat LEM.
  • Untuk pengendalian ulat yang nyerang pisang pakai apa dan caranya gimana ?
    Biasanya ulat yang menyerang daun pisang adalah penggulung daun pisang (Erionatrax sp.) dan ini sulit dikendalikan karena ulatnya di dalam daun, sehingga butuh pestisida yang sistemik. Produk NASA yang bisa dipakai PESTONA dan PENTANA, lebih bagus dicampur AERO 810.
  • Pentana boleh nggak dicampur dengan POC NASA
    Boleh.
  • Kalo hama untuk strowberi titing, berem apa obatnya pak ?
    Berem termasuk jenis kutu-kutuan sehingga bisa dipakai PENTANA dan METILAT LEM.
  • Untuk pengembangan GLIO, apa bisa menggunakan tanah halus, seandainya tidak ada PUKAN
    Perbanyakan GLIO yang ideal adalah dengan pupuk kandang matang atau kompos atau serbuk gergaji serta jika disemprotkan bisa dicampur gula pasir sebagai media tumbuhnya.
  • Saya punya kebun pepaya batangnya busuk di tengah, sebabnya apa ? saya harus pake produk NASA apa ?
    Batang pepaya busuk disebakan oleh jamur Fusarium. Dimana kalau sudah kena sulit dikendalikan. Potong dan musnahkan batang busuk, atur drainase, kelembababan kebun dijaga dan sebarkan Natural GLIO yang telah dicampur pukan matang atau kompos di sekitar pohon tiap 2-4 minggu sekali.
  • Bagaimana cara mengendalikan hama gerandong pada tanaman bawang ?
    Hama ini disebakan oleh pengorok daun ( Liriomyza chinensis ) yang biasa orang sebut dengan gerandong. Awal serangan terlihat pada saat tanaman berumur masih muda antara 2 – 3 minggu setelah tanam (MST). Perkembangan populasi L. Chinensis sangat cepat sehingga kerusakan yang ditimbulkan terlihat hanya dalam waktu 3 hari saja. Mula -mula imago menusukan ovipositornya pada daun bawang, gejala terlihat seperti ada totol – totol putih kecil. Kemudian larva yang sudah menetas langsung mengorok bagian jaringan mesofil daun. Arah korokan biasanya dari atas daun sampai umbi bawang. Keruskan yang terlihat pada bawang menyebabkan umbi membusuk dan daun menjadi layu kering berwarna putih kecoklatan seperti terbakar. Pada serangan yang berat seluruh areal pertanaman bawang akan busuk kering dan bawang merah gagal panen (puso).
    Pengendalian : effisiensi pupuk berimbang makro dan mikro,  penggunaan perangkap kuning umur 3 minggu setelah tanam dengan METILAT LEM, penyapuan dengan kain transparan yang diberi larutan kanji + AERO 810, penyemprotan rutin 3-5 hari dengan PESTONA dan PENTANA.
  • Untuk bibitan sawit bisakah Glio digunakan ?
    Sangat bisa dan sangat dianjurkan karena dapat mencegah serangan jamur dari tanah, maupun serangan jamur dari atas, dengan cara mencampurkan Glio dengan pupuk kandang atau mengocorkan ke polibag.
  • Bagaimana cara menggunakan GLIO + SPRK ?
    Glio bisa dicampurkan dengan pupuk kandang (sebagai media tumbuh) dan diperam selama 1-10 hari. Jika tidak bisa dikocorkan dengan supernasa.
  • Tanaman kakao yang terserang penyakit buah didalam pada busuk, bagaimana cara mengatasinya?
    Kakao terserang penyakit busuk buah (Phytopthora palmivora), untuk pengendaliannya perlu melaksanakan konsep PsPSP (Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi, dan Pemupukan ) serta aplikasikan GLIO untuk pencegahan dengan cara mengocorkan pada piringan/ bagian bawah tajuk.
  • BVR dan Glio apa bisa dicampur untuk penyemprotan tanaman coklat dan apa bisa mengendalikan hama PBK?
    BVR dan Glio bisa untuk mengendalikan PBK pada coklat, namun harus melakukan 4 langkah PsPSP (Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi , Pemupukan dan pengendalian hama dengan BVR, untuk Glio bisa dikocorkan di piringan.
  • Untuk jamur upas pada karet yang sudah tanam ? 2 tahun sebaiknya menggunakan apa? Dan bagaimana aplikasinya, berapa hari sekali dan dosisnya? Dan Bagaimana dengan penggunaan Glio efektif atau tidak?
    3 hr ? 1 minggu sekali, Jika melihat cara kerja dan hidupnya Glio hanya bisa di dalam tanah, dan akan mati jika terkena ultraviolet, sehingga tidak tepat jika disemprot ke daun karet bapak.

Demikian informasi tentang pertanyaan-pertanyaan permasalah pada tanaman dan solusinya dengan menggunakan produk nasa : produk nasa : Pentana, Pestona, BVR, Metilat LEM, Aero 810, Natural GLIO, Semoga bermanfaat bagi Anda untuk menuju keberhasilan dalam berbudidaya.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *