Home » Info Nasa » Mudahnya Ternak Kambing Agar Untung Besar

Mudahnya Ternak Kambing Agar Untung Besar

Kebanyakan masyarakat yang memilih kambing sebagai hewan ternak karena mudah dibudidayakan, selain itu pakan atau makanan yang dibutuhkan kambing tidak perlu membeli. Keuntungan budidaya kambing akan semakin menggiurkan apabila kambing yang dibudidaya dijual pada periode tertentu, priode ini terjadi pada saat hari-hari tertentu seperti Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban.

Hal itu lantas bisa saja kita coba untuk ikut beternak kambing, namun yang sering menjadi permasahan adalah cara ternak kambing yang benar, apalagi bagi orang awam yang belum pernah beternak kambing pasti akan mengalami kesulitan dalam hal seperti memilih bibit, persiapan kandang, perawatan dan lain sebagainya, untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips ternak kambing yang mudah dan dapat menghasilkan keuntungan tentunya :

Persiapan Memilih Bibit Kambing

Bila anda ingin memilih bibit kambing yang akan dijadikan indukan sebaiknya dengan cermat memilih kambing yang sehat dan tidak cacat tentunya, kriteria indukan betina yang baik yaitu :

  • Umurnya lebih dari 12 bulan,
  • Beratnya lebih dari 20 kg,
  • Memiliki 2 puting susu,
  • Jantang sebaiknya pilih yang besar dan umurnya lebih dari satu setengah tahun.

Persiapan Kandang Kambing

Sebelum membeli bibit sebenarnya hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu adalah kandangnya karena apabila sudah membeli kambing namun kandangnya belum siap lalu mau ditaruh dimana kambing tersebut? maka dari itu sebaiknya mempersiapkan kandang terlebih dahulu sebelum mencari bibit indukan. Kandang yang biasanya digunakan peternak kambing terbuat dari kayu atau bambu yang dibuat seperti panggung, tujuannya adalah agar kotorannya dapat langsung turun kebawah dan menjadikan kandang tidak mudah kotor dan mencegah penyakit. Pakan kambing bisa ditaruh pada tempat yang dibuat pada depan kandang. Untuk ukuran kandangnya dapat disesuaikan dengan jumlah kambing, semakin banyak kambing maka semakin luas kandang yang harus dibuat. Bila kalian ingin memisahkan kambing tersebut maka bisa dibuat sekat di dalam kandang, tujuan dari penyekatan ini untuk memisahkan anak kambing nantinya.

Perawatan Dan Pemberian Pakan

Perawatan bisa dilakukan dengan rutin membersihkan kandang dari kotorannya, hal ini bertujuan selain untuk menjaga kebersihan kandang juga dapat menghindarkan kambing dari berbagai penyakit dari bakteri yang berkembang dalam kotoran. Untuk pakan kambing sendiri tidaklah sulit dicari, biasanya kambing dapat diberikan pakan berupa rerumputan, rendeng atau daun kacang tanah, daun nangka dan sebagainya. Apabila pakan tersebut sulit didapatkan bisa diberikan pakan khusus seperti ampas tahu namun yang menjadi kendala biasanya tidak semua daerah terdapat ampas tahu dan untuk mendapatkannya biasanya harus membeli pada tukang pembuat tahu dan itu memerlukan biaya, jadi kalau bisa pakan yang diberikan didapatkan dari hasil mencarinya sendiri suapaya tidak ada biaya tambahan dan tentunya untung penjualan nantinya akan semakin besar.

Vitamin Tambahan Untuk Kambing :

Anda bisa gunakan produk nasa untuk peternakan kambing Anda, yaitu :

1. Viterna Plus

VITERNA Plus menggunakan teknologi asam amino yang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh ternak, yaitu dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak.

VITERNA Plus merupakan suplemen pakan ternak yang diolah dari berbagai macam bahan alami (hewan dan tumbuhan), memberikan zat-zat yang sangat diperlukan ternak untuk :

  • Meningkatkan kuantitas (peningkatan Average Daily Gain /ADG bagi sapi dan peningkatan bobot panen bagi ayam) – kualitas daging (mengurangi — kandungan kolesterol) – kesehatan ternak (mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit) semuanya merupakan Aspek K-3,
  • Memacu enzim – enzim pencernaan ternak,
  • Memberikan mineral – mineral esensial maupun non esensial,
  • Memberikan berbagai macam nutrisi alami untuk pertumbuhan ternak ( protein, lemak, vitamin, dsb),
  • Menambah kandungan asam – asam lemak didalam rumen / lambung ternak,
  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pakan (TDN),
  • Mengandung hormon pertumbuhan alami untuk mempercepat pertumbuhan ternak, meningkatkan nafsu makan, mengurangi kandungan kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran ayam.

2. POC Nasa & Hormonik

POC NASA adalah Formula khusus terutama untuk tanaman,peternakan dan perikanan yang dibuat murni dari bahan-bahan organik dengan fungsi multiguna :

  • Meningkatkan bobot unggas (ayam, bebek, dll), ternak besar (sapi, kambing,dll), ikan serta udang,
  • Meningkatkan nafsu makan unggas, ternak dan ikan atau udang,
  • Membantu pembentukan pakan alami ikan dan udang (plankton).

HORMONIK lebih berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh bagi ternak. Di mana formula ini akan sangat membantu meningkatkan pertumbuhan ternak secara keseluruhan.

HORMONIK mengandung Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Organik terutama Auksin, Giberelin dan Sitokinin, di formulasikan dari bahan alami yang dibutuhkan oleh semua jenis binatang. HORMONIK tidak membahayakan (aman) bagi kesehatan manusia maupun binatang.

Fermentasi Pakan Untuk Kambing Anda :

Dewasa ini banyak peternak kambing menggunakan cara fermentasi jerami dan cara fermentasi kedebog pisang atau bahan yang lainya, untuk pemenuhan kebutuhan pakan kambing. Fermentasi pakan ternak memang ditempuh guna memaksimalkan pakan kambing dan membuat para peternak semakin mudah dalam budidaya ternak kambing karena frekuensi dalam mencari pakan hijauannya semakin sedikit, bahkan banyak peternak kambing yang tanpa ngarit.

Proses Reproduksi

Kambing bisa bereproduksi atau siap dikawinkan pada umur 10 – 12 bulan atau saat bobotnya sudah mencapai 55 – 60 kg, diusia tersebut kambing akan mulai birahi dan lama birahinya sendiri antara 24-45 jam. Kambing yang sedang birahi akan merasa gelisah, nafsu makan menurun, ekornya sering dikibaskan, sering kencing serta kemaluannya terlihat bengkak. Bila kambing kalian terdapat tanda seperti itu maka kemungkinan kambing tersebut dalam masa birahi dan siap untuk dikawinkan, proses perkawinannya sendiri bisa dengan menyatukan kambing jantan dan betina dalam satu kandang, setelah itu kalian tinggal menunggu proses perkawinan terjadi. Bila perkawinan sukses maka dalam kurun waktu kurang lebih 5 bulan maka kambing sudah siap melahirkan.

Memanen Kambing

Kambing bisa dipanen atau siap dijual pada usia 1 tahun atau lebih, kambing siap potong untuk aqiqoh, qurban atau yang lainnya biasanya ditandai dengan giginya yang copot atau bila didaerah saya sering disebut poel.  Bila kalian menginginkan harga jual kambing tinggi maka kalian bisa menjualnya pada saat hari tertentu seperti Hari Raya Qurban karena pada saat itu banyak orang yang membutuhkan kambing untuk qurban.

Demikianlah informasi tentang cara ternak kambing, mungkin informasi ini kurang lengkap namun kami berharap informasi ini dapat berguna dan bermanfaat dan menjadio acuan untuk Anda semua. Terima kasih dan sukses selalu untuk Anda.

4 komentar pada “Mudahnya Ternak Kambing Agar Untung Besar

  1. Saya petani Tabulapot (tanaman buah dalam pot) juga peternak kambing.
    Saya ingin lebih jauh mengenal produk Nasa.
    Mohon dikirim artikel atau brosur produk Nasa.
    Terimakasih.

    • Semangat Pagi…

      Terimakasih atas pertanyaanya..
      Semua artikel dan informasi produk nasa ada di website saya gan..
      Anda bisa liaht di Menu Produk, Cara Budidaya dan Info Nasa Terbaru.

      Semoga bermanfaat dan silahkan disimak.

      Terrimakasih,
      Sugeng Nasa.

  2. Assalamu’alaikum wr wb saya ternak kambing selama ini ternak dg cara alami yg sulit berkembang karena d masa’ kemarau sprt skrg sulit mencari pakan, saya ing tau caranya membuat pakan dg cara permentasi mhn d jelaskan trmkasih wassalam

    • Semangat Pagi..

      Terimakasih atas pertanyaanya…

      Cara Pembuatan Pakan Fermentasi :
      1. Persiapkan Drum untuk media penampung pembuatan pakan,
      2. Sediakan Produk Nasa: Viterna dan Probiotik Tangguh,
      3. Sediakan Air 10 – 15 liter,
      4. Sediakan 1 kilogram garam (garam biasa untuk memasak),
      5. Sediakan gula pasir 250 gram,
      6. Bekatul / dedak 10 kilogram,
      7. Langkah selanjutnya adalah memotong/mencacah gedebok pisang atau jerami yang telah dipersiapkan sebelumnya, tehnik memotong sesuai selera tidak ada ukuran tertentu, yang penting potongan tersebut nantinya nyaman untuk dimakan oleh hewan ternak,
      8. Taburkan bekatul atau dedak tadi (10 kg) ke cacahan gedebok pisang tersebut dan aduk hingga merata. Setelah bekatul tercampur merata, biarkan sejenak dan kita akan persiapkan langkah selanjutnya,
      9. Persiapkan Produk Nasa, Gula pasir dan Garam:
      # 2 Tutup Probiotik Tangguh,
      # 4 Tutup Viterna,
      # 1 Kilogram Garam dapur,
      # 250 gram Gula Pasir,
      # Lalu masukkan ke dalam air yang telah di sediakan tadi (10 – 15 liter) dan aduk selama kurang lebih 5 menit (biar tercampur secara merata), lalu siramkan ke gedebok pisang yang telah kita campur bekatul tadi, aduk hingga merata.
      # Pakan hasil Fermentasi siap untuk diberikan pada ternak.

      Catatan:
      Jika sebelumnya ternak belum pernah di berikan produk Nasa, agar ternak ber-selera memakan pakan hasil fermentasi tersebut, ada baiknya sebelum di berikan pakan fermentasi ternak di berikan Viterna dengan Dosis 2 cc per ekor. Cara pemberian bisa dengan menggunakan spet (suntikan ternak tapi di ambil jarumnya) lalu sedot Viterna sebanyak 2 cc dan masukan ke mulut ternak agar terminum habis.

      Dengan menggunakan Viterna dan Probiotik Tangguh tersebut, maka nafsu makan ternak akan meningkat sehingga akan mempercepat pertumbuhan ternak dan mengurangi bau kotoran ternak. Cara tersebut telah banyak dipraktekkan para peternak kambing dan sapi yang kebanyakan mereka selain beternak juga memiliki kesibukan lain, jadi dengan adanya alternatif pakan fermentasi menggunakan produk Nasa tersebut mereka tetap bisa menjalankan peternakan dan juga melakukan aktifitas lain sehari-hari tanpa harus di sibukkan mencari rumput atau menggembala ternak. Kerena proses pembuatan pakan fermentasi tersebut sangat sederhana dan tidak memakan waktu lama.

      Semoga Bermanfaat dan Sukses selalu untuk Anda..
      Terimakasih,
      Sugeng Nasa.
      082136889954 (wa, sms, telp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *