Home » Info Nasa » Makan Ternak Tanpa Ngarit Dengan Tangguh Probiotik

Makan Ternak Tanpa Ngarit Dengan Tangguh Probiotik

Lapaknasa.com – Salah satu upaya untuk peningkatan hasil ternak adalah dengan memberikan fermentasi pakan. Pada artikel tersebut akan kami ulas cara penggunaan Produk Nasa Probiotik Tangguh dan Viterna untuk pembuatan pakan dengan fermentasi. Selain kualitas pakan yang baik, cara tersebut juga sangat dikenal sebagai sarana alternatif yang cukup efektif mempercepat pertumbuhan ternak, terutama pada musim kemarau. Karena pada saat kemarau suplai makanan hijau pada ternak berkurang dan diharapkan dengan adanya fermentasi pakan ternak tersebut akan menutup kekurangan makanan pada ternak.

Proses fermentasi pakan tersebut memanfaatkan bakteri Starbio yang digabungkan dengan berbagai limbah seperti jerami, gedebog, rumput kering, ampas kacang dan lain-lain untuk di jadikan sebagai bahan makanan utama ternak. Beberapa kelebihan pada penggunaan Probiotik Tangguh untuk pembuatan pakan fermentasi antara lain :

  • Akan memperbaiki sistem pencernaan pada ternak,
  • Dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pada ternak yang memproduksi susu,
  • Peningkatan bobot ternak yang pesat, sehingga ternak akan menjadi gemuk dan sehat,
  • Nafsu ternak makan bertambah,
  • Selain memberikan nafsu makan dan bobot yang tinggi, pemberian pakan fermentasi tersebut juga menutunkan kadar kolesterol pada ternak, serta meningkatkan kekebalan tubuh ternak,
  • Pakan hasil fermentasi dengan VITERNA dan Tangguh Probiotik Nasa juga akan mengurangi bau kotoran hewan ternak.

Proses fermentasi pakan ternak tersebut saat ini menjadi fenomenal karena memberikan kebaikan yang dirasakan oleh peternak, baik untuk ternak kambing, sapi, domba, kelinci dan lain-lain. Proses fermentasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk alternatif pembuatan pakan ternak yang berkuailtas tinggi. Disamping pembuatannya yang sangat sederhana, pembuatan pakan dengan cara fermentasi ini juga menghemat waktu dan biaya, karena peternak tidak lagi di sibukkan dengan Angon (menggembala) atau Ngarit (mencari rumput).

Untuk lebih lengkap informasi mengenai Manfaat dari Pakan Fermentasi tersebut, kami akan memberikan contoh pembuatan pakan Fermentasi menggunakan produk Nasa dengan memanfaatkan gedebok pisang (batang pisang), langkah dan cara membuat pakan fermentasi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pembuatan 1 kwintal Pakan Fermentasi :
    1. Persiapkan Drum untuk media penampung pembuatan pakan,
    2. Sediakan Produk Nasa: Viterna dan Probiotik Tangguh,
    3. Sediakan Air 10 – 15 liter,
    4. Sediakan 1 kilogram garam (garam biasa untuk memasak),
    5. Sediakan gula pasir 250 gram,
    6. Bekatul / dedak 10 kilogram,
    7. Langkah selanjutnya adalah memotong / mencacah gedebok pisang yang telah dipersiapkan sebelumnya, tehnik memotong sesuai selera tidak ada ukuran tertentu, yang penting potongan tersebut nantinya nyaman untuk dimakan oleh hewan ternak,
    8. Taburkan bekatul atau dedak tadi (10 kg) ke cacahan gedebok pisang tersebut dan aduk hingga merata. Setelah bekatul tercampur merata, biarkan sejenak dan kita akan persiapkan langkah selanjutnya,
    9. Persiapkan Produk Nasa, Gula pasir dan Garam:
      2 Tutup Probiotik Tangguh,
      4 Tutup Viterna,
      1 Kilogram Garam dapur,
      250 gram Gula Pasir,
      Lalu masukkan ke dalam air yang telah di sediakan tadi (10 – 15 liter) dan aduk selama kurang lebih 5 menit (biar tercampur secara merata), lalu siramkan ke gedebok pisang yang telah kita campur bekatul tadi, aduk hingga merata.
    10. Pakan hasil Fermentasi siap untuk diberikan pada ternak.
  • Catatan:
    Jika sebelumnya ternak belum pernah di berikan produk Nasa, agar ternak ber-selera memakan pakan hasil fermentasi tersebut, ada baiknya sebelum di berikan pakan fermentasi ternak di berikan Viterna dengan Dosis 2 cc per ekor. Cara pemberian bisa dengan menggunakan spet (suntikan ternak tapi di ambil jarumnya) lalu sedot Viterna sebanyak 2 cc dan masukan ke mulut ternak agar terminum habis.

Dengan menggunakan Viterna dan Probiotik Tangguh tersebut, maka nafsu makan ternak akan meningkat sehingga akan mempercepat pertumbuhan ternak dan mengurangi bau kotoran ternak. Cara tersebut telah banyak dipraktekkan para peternak kambing dan sapi yang kebanyakan mereka selain beternak juga memiliki kesibukan lain, jadi dengan adanya alternatif pakan fermentasi menggunakan produk Nasa tersebut mereka tetap bisa menjalankan peternakan dan juga melakukan aktifitas lain sehari-hari tanpa harus di sibukkan mencari rumput atau menggembala ternak. Kerena proses pembuatan pakan fermentasi tersebut sangat sederhana dan tidak memakan waktu lama.

Demikian beberapa manfaat Tangguh Probiotik untuk pembuatan pakan Fermentasi, dan perlu digaris bawahi bahwa hasil dari pakan fermentasi tersebut tidak kalah dengan pakan rumput hijau. Semoga bermanfaat dan menjadi acuan bagi para peternak ngarit.

4 komentar pada “Makan Ternak Tanpa Ngarit Dengan Tangguh Probiotik

  1. Pakan fermentasi campuran viterna nasa
    Apakah aman buat hewan kambing yg baru hamil sampai melahirkan anaknya
    Mohon di jelaskan dgn sedetil2nya
    Makasih

  2. untuk membuat pakan fermentasi dari ampas tahu,untuk pakan ikan lele apakah bisa dilakukan menggunakan produk nasa…?

    mohon diberi saran and penjelsan nya…!!

    mksih sblum nya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *